Direktur Sinergi Multi Performa Diminta Paparkan Sistem Informasi Manajemen Desa Prioritas Utama

Paparan Direktur Sinergi Multi Performa di Universitas Yarsi pada 15-02-2019 di Jakarta

Direktur Sinergi Multi Performa, Dr.Adji SUradji MHD memberikan paparan terkait dengan Sistem Informasi Manajemen Desa Prioritas Utama yang dikembangkan oleh perusahaannya di Ruang Rapat Universitas Yarsi Jakarta pada hari Jum’at tanggal 15 Februari 2019. Dalam kesempatan tersebut, Adji (sapaan akrabnya) menjelaskan urgensi Simdes dalam proses perencanaan, pembangunan dan evaluasi khususnya yang menggunakan Dana Desa.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Undang-undang No 6 tahun 2014 tentang Desa telah memberikan peluang bagi Desa untuk dapat berkembang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di desa masing-masing. UU No 6 tahun 2014 tersebut juga mengamanatkan Kepala Desa untuk menyampaikan informasi terkait dengan Desa. Hal ini sebagaimana bunyi pasal 26 ayat (4) yang berbunyi “Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Desa berkewajiban: p. memberikan informasi kepada masyarakat Desa” Pasal 26 (4) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Desa berkewajiban: p. memberikan informasi kepada masyarakat Desa”] 

Bukan hanya menyediakan ruang bagi Kepala Desa untuk dapat menyampaikan informasi terkait dengan Desa kepada masyarakat, SIMDESPRIMA juga dirancang untuk dapat mempermudah kerja-kerja rutin aparatur desa dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Dengan demikian maka aparatur desa tidak memiliki alasan yang cukup untuk tidak segera cepat memberikan layanan kepada masyarakat dalam hal surat-menyurat dan lain sebagainya.


Persiapan Paparan Dr. Adji Suradji MHD dihadapan Prof. Mansyur Ramli dan Prof. Jurnalis (Ketua Yayasan YARSI)

Dihadapan dua Guru Besar (Profesor Jurnalis Uddin.P.A.K dan Prof Mansyur Ramli) serta fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Penyelenggara Perguruan Tinggi, Dr. Adji berharap bahwa SIMDESPRIMA yang dikembangkan dengan basis android ini dapat “dipasarkan” ke desa-desa hingga kepelosok negeri sehingga akan membantu bukan hanya Desa, namun juga peneliti yang akan meneliti di desa. SIMDESPRIMA saat ini juga dirancang agar dapat dimonitoring oleh Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi.

Dalam sesi dialog Prof. Ramli (sapaan akrabnya) juga berharap agar desa-desa di Indonesia Timur sebagai bagian dari daerah binaan Universitas Muslim Indonesia akan menggunakan SIMDESPRIMA yang sedang dikembangkan oleh SInergi Multi Performa. Lebih jauh beliau mengapresiasi pengembangan Sistem Informasi Desa ini karena sudah berbasis pada kemajuan teknologi yaitu android.

Leave a Reply

Close Menu