Tim Abdimas UMRAH Ingatkan Masyarakat Lingga Tentang Cagar Budaya


https://lihatkepri.com/blog/2018/08/20/tim-abdimas-umrah-ingatkan-masyarakat-lingga-tentang-cagar-budaya/ Lihatkepri.com, Lingga – Tim Abdimas UMRAH Ingatkan Masyarakat Lingga Tentang Cagar Budaya. Sebagai Perguruan Tinggi yang menyandang nama besar pahlawan nasional dari Kepulauan Riau (melayu) yaitu Raja Ali Haji memiliki kewajiban baik moral maupun sosial untuk melestarikan dan terus mengembangkan nilai-nilai luhur yang ditinggalkan oleh Raja Ali Haji.

Untuk itu Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang turun Ke Lingga untuk mengingatkan masyarakat, pemerintah dan elemen-elemen masyarakat lainya tentang arti penting Benda Cagar Budaya.

Tim yang di Pimpin oleh Dr. Adji Suradji Muhammad ini turun ke Lingga pada tanggal 30 Juli 2018 selama 3 hari. Tim yang beranggotakan Dr. Oksep Adhayanto, SH,MH dan Ady Muzwardi, S.IP, MA ini juga turut serta membawa Dr. Abdul Malik, M.Pd yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UMRAH). Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa Dr. Abdul Malik, M.Pd selain sebagai akademisi juga dikenal sebagai budayawan dan sekaligus sejarawan melayu yang dimiliki oleh Kepulauan Riau.

Tim abdimas UMRAH yang dipimpin oleh Dr. Adji (sapaan akrabnya) melihat bahwa nama Raja Ali Haji yang ada di UMRAH perlu di ejawantahkan dalam berbagai bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain “tamadhun melayu” dijadikan sebagai Mata Kuliah Dasar Umum yang wajib dipahami oleh mahasiswa UMRAH di berbagai Program Studi, sivitas akademika UMRAH juga perlu melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masayarakat khususnya terkait dengan tema-tema ke-melayu-an yang menjadi ciri khas Kepulauan Riau.

Dalam kegiatan “Sosialisasi Pelestarian Cagar Budaya” yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga ini Tim juga mengundang Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Batu Sangkar. Pelibatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Batu Sangkar di karenakan Lingga khususnya dan Kepulauan Riau pada umumnya merupakan salah satu wilayah kerja Balai dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan demikian maka akan semakin memperkuat dan memperlancar akses informasi dan komunikasi yang kedepan akan sangat bermanfaat bagi pengembangan Cagar Budaya yang ada di Lingga.

Leave a Reply

Close Menu