Unik dan Bersejarah, Dapur Arang Mirip Rumah Teletubbies di Bintan Layak Jadi Tujuan Wisata

Unik dan Bersejarah, Dapur Arang Mirip Rumah Teletubbies di Bintan Layak Jadi Tujuan Wisata

Pernah berkunjung ke desa Kuala Sempang ? Kuala Sempang merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan provinsi  Indonesia. Tidak perlu melancong ke luar negeri atau menghabiskan uang di pusat-pusat perbelanjaan mahal, sebab Indonesia juga punya banyak sekali tempat menarik yang menunggu untuk segera Anda jelajahi.Desa Kuala sempang menyimpan pontensi pariwisata yang besar, oleh sebab itu pemerintah setempat bertekad menjadikan desa ini sebagai salah satu destinasi wisata.

Kunjungan yang dilakukan Dr. Adji Suradji Muhammad Rabu (09/01/19).

Dr. Adji(sapaan akrabnya) untuk menjadikan Desa Kuala Sempang sebagai desa wisata mengatakan

“Dapur arang tersebut sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Bangunannya yang unik menyerupai rumah Teletubbies, menarik untuk dikunjungi, Dapur arang ini juga memiliki nilai budaya. Untuk membuat arang mereka masyarakat sejak dulu ternyata sudah menggunakan teknologi tradisional”.

Di lokasi dapur arang tersebut terdapat empat dapur. Dua diantaranya masih bagus dan bisa digunakan. Dua lainnya sudah ditumbuhi pepohonan.

Menurut Dr.Adji dua dapur yang ditumbuhi pepohonan tersebut usianya diperkirakan sudah ratusan tahun. Bahan batu bangunan dapur juga masih berupa tumpukan tanah liat. Saat ini kondiainya sudah mulai rusak karena ditumbuhi pepohonan.Sedangkan dua dapur lainnya masih terlihat baru. Konstruksinya terbuat dari batu bata. Namun tetap bangunannya menyerupai Rumah Teletubbies tak memiliki rangka dan pilar(seperti pada gambar).

“Dapur yang lama itu usianya ratusan tahun. Kalau dua dapur yang masih baru itu usianya baru beberapa tahun dan memang masih bisa digunakan. Tapi bangunannya sama dengan yang lama dan lubang angin atau untuk memasukkan kayu sama-sama menghadap ke laut,” kata dosen di Universitas Maritim Raja Ali Haji ini (UMRAH).

Dapur arang tersebut digunakan untuk membuat arang. Bahan baku yang digunakan adalah kayu bakau atau mangrove. Kemudian dibakar dalam dapur tersebut. Sehingga jarak dapur pun memang tidak jauh dari laut. Tinggi bangunan sekitar lima meter dan luas ruangan dalam diperkirakan cukup untuk dimasuki 20 orang.

Selain dapur arang, di desa tersebut juga masih memiliki petenis wisata lain. Ada bukit eskrim, danau biru yang juga potensial untuk dikembangkan jadi objek wisata.

Sumber:

”kepridays.co.id. https://kepridays.co.id/2019/01/09/unik-dan-bersejarah-dapur-arang-mirip-rumah-teletubbies-di-bintan-layak-jadi-tujuan-wisata (diakses 09 Januari 2019).

Leave a Reply

Close Menu